KITA PEDULI KITA BISA

Jumlah Keluarga Miskin Kota Palu saat ini sekitar 11.000 KK.

Jumlah tersebut sangatlah banyak jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kota Palu.

Mereka membutuhkan bantuan untuk keluar dari persoalan Kemiskinan

Yang Paling dibutuhkan adalah hak hak dasar yaitu berupa hak kesehatan, hak pendidikan, hak perumahan yang layak dan hak untuk mendapatkan akses perekonomian

Mari kita penuhi hak hak mereka bukan hanya sekedar memberi bantuan.

Berilah mereka Pancing bukan Ikannya.........!!!!!!!!!!!!!

PENANGGUNG JAWAB BLOG

Penangung Jawab : Kordinator Forum BKM Kota Palu, Pembina : Walikota Palu, Ketua DPRD Kota Palu, Pengarah : Kepala Bappeda Kota Palu, Team Leader KMW 6 PNPM-P2KP Sulawesi Tengah, Tenaga Ahli KMW 6, Kordinator Kota PNPM-P2KP, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Erfandi, Wakil Pemimpin Redaksi : Moh. Riswan, SH Dewan Redaksi : Johnny Djohan, Erfandi, Moh. Riswan, SH, Abidin Ahmad, Drs. Djasmin J Basira, Drs. Asrul Nagaula, Denny Dahlan S Ag, Ir. Tamsil Ismail, Arifudin Tahawila, SPd, Nurenang, Hasanuddin Kordinator Liputan Palu Barat : Penmas Larini, Palu Utara : Misman, Palu Selatan : Nursidah, Palu Timur : Moh. Sagaf Lamureke 







PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA PALU

1. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan.

2. Neighborhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSSP).

3.Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET).

4. Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM).

5. Neigborhood Development (ND).

6. Lembaga Pengemban Dana Amanah (LPDA) untuk Penanggulangan Kemiskinan.

7. Program Pengembangan Wilayah Perdesaan (PPWP)

8. PNPM Mandiri Perkim

9. PNPM Mandiri Pariwisata

10. Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Kawasan (Menpera)

SELAMAT BERGABUNG

Forum BKM Kota Palu menerima tulisan dari berbagai pihak untuk semua program penanggulangan kemiskinan di Kota Palu

Sejak digulirkan tahun 1999 hingga menjadi satu dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM), total jumlah Badan Keswadayaan Masyarakat yang dibentuk di seluruh Indonesia mencapai 11.000 BKM.

Jumat, 12 Februari 2010

Jalin Kerjasama dengan Yayasan asal Taiwan


Karena masuk dalam kategori lokasi Lanjutan PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2008, maka BKM Sejahtera Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun direncanakan akan menerima dana BLM sebesar Rp50 juta.

Diketahui, 8 dari 14 kelurahan yang menjadi lokasi, sudah menyerap dana BLM termin I—dengan empat kelurahan mendapatkan pagu dana Rp150 juta dan pagu empat kelurahan lainnya Rp200 juta. Sedangkan enam kelurahan lainnya, termasuk di dalamnya BKM Sejahtera Kel. Pasir Panjang, belum mendapatkan kejelasan kapan bisa mencairkan BLM Rp50 juta itu.

Masyarakat sering bertanya kepada Tim Fasilitator terkait pencairan dana BLM ini. Sebagai antisipasi sekaligus menjaga semangat masyarakat agar tetap tinggi terhadap program penanggulangan kemiskinan, maka Tim Faskel bersama masyarakat (para relawan) berinisiatif melakukan kerjasama dengan pihak lain.

Dan sebagai hasilnya adalah sebuah kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, sebagai wujud kerjasama antara BKM Sejahtera dengan sebuah Yayasan Budha Tzu Chi Taiwan Cabang Indonesia. Kegiatan kerjasama ini dirasakan bermanfaat bagi masyarakat miskin, karena sedikit mengurangi beban hidup berupa biaya berobat.

Yayasan yang berdiri pada tanggal 28 September 1994 merupakan kantor cabang dari yayasan Budha Tzu Chi Internasional yang berpusat di Hualien, Taiwan. Tzu Chi merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang lintas suku, agama, ras, dan negara yang mendasarkan aktivitasnya pada prinsip cinta kasih universal.

Sesuai dengan azas dan misi Tzu Chi yang ke-2, yaitu misi kesehatan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mengadakan pengobatan gratis, maka dilaksanakan bakti sosial yang pertama kali untuk Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Bakti sosial tersebut digelar di di Gedung sekolah SMPN 2 Meral, Kelurahan Pasir Panjang, pada 26 April 2009, pukul 09.00 - 14.00 WIB.

Proses terjadinya kerjasama terjadi setelah Yayasan Budha Tzu Chi Taiwan cabang Batam menginformasikan rencana kegiatan ini melalui Ketua RW 06 dan RW 05, yang selanjutnya diteruskan kepada BKM Sejahtera Pasir Panjang, yang dinilai berkompeten menangani masalah ini.

Akhirnya BKM sejahtera Pasir Panjang beserta semua UP-nya mengadakan rapat koordinasi dengan yayasan pada 24 April 2009, dengan mengikutsertakan organisasi dan lembaga yang ada di lingkungan Kelurahan Pasir Panjang.

Kegiatan bakti sosial ini memberikan pelayanan pengobatan gartis berupa poli umum dengan lima dokter dan satu apotek. Jumlah pasien poli gigi dengan empat orang dokter dan satu apotek untuk pengambilan obat. Jumlah pasien poli umum sebanyak 365 orang dan poli gigi sebanyak 103 orang. Dua pasien dengan penyakit berat dikunjungi ke rumah dan dirujuk ke RSUD Karimun atas pembiayaan sepenuhnya ditanggung yayasan. Satu pasien panyakit kaki gajah dijemput dari rumahnya dan di rujuk ke RS di Batam. Pihak Yayasan juga menyediakan 3 bus untuk menjemput dan menghantar pasien yang berobat dan berdomisili jauh dari lokasi bakti sosial.

Acara pembukaan bakti sosial diawali pembacaan doa, dilanjutkan dengan penampilan budaya bahasa isyarat dari relawan Budha Tzu Chi, kemudian sambutan dari koordinator BKM Sejahtera Pasir Panjang, sambutan dari Lurah Pasir Panjang, penyerahan penghargaan kepada dokter dan relawan secara simbolis, disusul acara pengobatan gratis.

Yayasan Budha Tzu Chi menilai kegiatan ini sukses berkat kerjasama dan bantuan berbagai pihak, terutama BKM Sejahtera Pasir Panjang. Sewajarnya BKM Sejatera Pasir Panjang berbangga dan berbesar hati, karena dapat bekerja sama dengan yayasan Budha Tzu Chi. Dan, yang terpenting bagi BKM Sejahtera Pasir Panjang adalah dapat mengayomi dan membantu masyarakat umum, khususnya di lingkungan BKM Sejahtera Pasir Panjang. (Mei Punjaba Samosir, SF Tim 22/Totok Priyanto, TA Monev KMW IX Prov. Jambi Riau dan Kepri, PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)Karimun, 11 Juni 2009

2 komentar:

  1. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,. Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus