KITA PEDULI KITA BISA

Jumlah Keluarga Miskin Kota Palu saat ini sekitar 11.000 KK.

Jumlah tersebut sangatlah banyak jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kota Palu.

Mereka membutuhkan bantuan untuk keluar dari persoalan Kemiskinan

Yang Paling dibutuhkan adalah hak hak dasar yaitu berupa hak kesehatan, hak pendidikan, hak perumahan yang layak dan hak untuk mendapatkan akses perekonomian

Mari kita penuhi hak hak mereka bukan hanya sekedar memberi bantuan.

Berilah mereka Pancing bukan Ikannya.........!!!!!!!!!!!!!

PENANGGUNG JAWAB BLOG

Penangung Jawab : Kordinator Forum BKM Kota Palu, Pembina : Walikota Palu, Ketua DPRD Kota Palu, Pengarah : Kepala Bappeda Kota Palu, Team Leader KMW 6 PNPM-P2KP Sulawesi Tengah, Tenaga Ahli KMW 6, Kordinator Kota PNPM-P2KP, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Erfandi, Wakil Pemimpin Redaksi : Moh. Riswan, SH Dewan Redaksi : Johnny Djohan, Erfandi, Moh. Riswan, SH, Abidin Ahmad, Drs. Djasmin J Basira, Drs. Asrul Nagaula, Denny Dahlan S Ag, Ir. Tamsil Ismail, Arifudin Tahawila, SPd, Nurenang, Hasanuddin Kordinator Liputan Palu Barat : Penmas Larini, Palu Utara : Misman, Palu Selatan : Nursidah, Palu Timur : Moh. Sagaf Lamureke 







PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA PALU

1. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan.

2. Neighborhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSSP).

3.Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET).

4. Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM).

5. Neigborhood Development (ND).

6. Lembaga Pengemban Dana Amanah (LPDA) untuk Penanggulangan Kemiskinan.

7. Program Pengembangan Wilayah Perdesaan (PPWP)

8. PNPM Mandiri Perkim

9. PNPM Mandiri Pariwisata

10. Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Kawasan (Menpera)

SELAMAT BERGABUNG

Forum BKM Kota Palu menerima tulisan dari berbagai pihak untuk semua program penanggulangan kemiskinan di Kota Palu

Sejak digulirkan tahun 1999 hingga menjadi satu dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM), total jumlah Badan Keswadayaan Masyarakat yang dibentuk di seluruh Indonesia mencapai 11.000 BKM.

Rabu, 24 Februari 2010

Jakarta, 30 November 2009 KEBERSAMAAN ITU MELUMPUHKAN PERMASALAHAN


Lingkungan Geddongnge adalah salah satu wilayah yang elevasi tanahnya berbukit dan berada di wilayah kota di Sulawesi Selatan, yaitu di kotamadya Parepare, tepatnya di kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat. Kelurahan Geddongnge dihuni oleh warga pendatang dari daerah dan berbagai etnis sekitar, utamanya Enrekang, yang telah berpuluh tahun menempati wilayah tersebut.

Hampir sebagian besar warga di lokasi tersebut berpenghasilan di bawah rata-rata. Dengan wilayah yang berbukit-bukit itu, warga menemui permasalahan dalam mengakses kebutuhan air bersih dalam keseharian mereka. Apalagi ketika musim kemarau kembali melanda daerah tersebut.

Padahal, daerah Geddongnge banyak tersebar sumur yang kini tidak lagi dimanfaatkan, akibat tercemar lumut, akibat terik matahari, limbah dan sampah rumah tangga yang disebabkan dinding sumur yang rendah, lantai retak dan tidak ditunjang sanitasi yang baik.

Permasalahan ini menjadi prioritas usulan warga sejak adanya peluang untuk dapat berperan serta dalam program PNPM Mandiri Perkotaan. Peran serta warga dalam pelaksanaan Pemetaan Swadaya (PS) menghasilkan beberapa usulan yang dapat menunjang perbaikan lingkungan dan penyediaan prasarana, yang selama ini menjadi permasalahan warga sekitar. Alhasil keinginan mereka untuk memiliki sumur yang sehat dan bersih dapat terakomodasi dalam PJM Pronangkis.

Salah satu nilai kearifan lokal yang dimiliki warga Geddongnge adalah nilai Kebersamaan masyarakat yang masih kuat. Hal ini ini dapat terwujud dengan terbentuknya kelompok KSM Nusantara yang dimotori oleh Laharia sebagai ketua, dibantu oleh Rio sebagai sekertaris, dengan bimbingan fasilitator teknik Tim 21 Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.

Setelah mendapat prioritas dalam BAPPUK/RPD BLM 2, KSM Nusantara merencanakan gambar dan RAB yang dibutuhkan. Dalam perencanaannya, KSM Nusantara banyak berembuk dengan masyarakat terkait apa yang menjadi penyebab pencemaran sumur tersebut. Kesepakatan anggaran awal perencanaan yang dibuat adalah Rp 11.685.000 dari BLM dan Rp 2.056.500 dari swadaya masyarakat dengan waktu pelaksanaan 14 hari kerja.

Ternyata, dalam proses pelaksanaannya, dukungan warga terlihat semakin besar. Hal ini ditunjukkan bukan saja pada penambahan nilai swadaya, tetapi juga peran serta nyata warga yang datang berbondong-bondong guna membantu kelompok kerja yang telah disepakati. Kaum hawa pun tidak ketinggalan turut menyiapkan konsumsi untuk para pejuang kepedulian tersebut.

Ini terjadi selama kegiatan berlangsung. Akhirnya, dari perencanaan 14 hari kerja, KSM Nusantara mampu menyelesaikan pekerjaan hanya dalam 5 hari kerja. Selama kegiatan terlaksana, tak kurang dari 30 orang berpartisipasi setiap harinya, sehingga realisasi swadaya juga meningkat melalui tenaga.

Ketika proses pelaksanaan selesai, masyarakat di lingkungan Geddongnge mengaku sangat bersyukur, karena sumur yang telah direhab akan banyak yang dimanfaatkan, di antaranya untuk mencuci. Mereka tidak lagi kepanasan di musim kemarau atau kehujanan di musim hujan. Diperkirakan, sumur ini berguna bagi sekitar 125 orang pemanfaat langsung.

Dari rasa syukur dan kebersamaan ini, masyarakat sekitar Geddongnge menyepakati Kelompok Pemelihara yang nantinya melalui warga pemanfaat akan memberikan sumbangsihnya. Inilah salah satu kebersamaan dan kepedulian yang dapat dicontoh dan diteladani, sehingga permasalahan apapun dapat diselesaikan melalui gotong-royong. (Hasyim, Askot Infra Korkot 2, KMW OC-8 Sulsel/Tim Infrastruktur KMP PNPM Mandiri Perkotaan; Team Web)

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan di desa Gedongnge, silakan hubungi contact person:

Hasyim (Askot Infra Korkot 2 Parepare, Pinrang, Sidrap, OC-8 Sulsel)

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus